Translate

Senin, 21 Januari 2013

Brankas Kucing Dalam Karung

Brankas Kucing Dalam Karung
Dibalik Maraknya Kasus Pembobolan Brankas
 
Tidak diperlukan Keahlian Khusus untuk
merusak/membobol Brankas*, Andapun bisa.

Ada apa dengan Brankas? Bagaimana kualitas produk dan pembuatnya? Pertanyaan-pertanyaan ini dan serentet pertanyaan lain yang membuat saya menyimpulkan bahwa dari sekian banyak merk yang beredar dipasaran semua hanya produk-produk  jelmaan/jiplakan dari satu merk/nama besar Dunia yang ada di Indonesia. Seribu Judul Satu Tema (kaya sinetron dan film India,hee...), dan memang itulah kenyataanya.

Mudah termakan harga murah dan kurangnya pengetahuan masyarakat khususnya pengguna brankas terhadap proses pembuatan, bentuk, spesifikasi dan kualitas brankas itu sendiri secara detail merupakan salah satu faktor bisa terjadinya Kasus Pembobolan Brankas. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya pengetahuan yang disampaikan oleh penjual brankas, karena kebanyakan penjual tidak ada yang memberikan detail produk dalam proses penjualan, intinya ‘yang penting barang kejual’. Yang sangat disayangkan adalah entah pembuat atau penjual, kebanyakan mereka tidak mengenal ‘produk’ yang mereka buat/jual. Nama besar suatu produk dan segala jenis embel-embel sertifikat tidak menjamin kualitas karena kebanyakan kualitas hanya dibuat bagus ketika dalam proses sertifikasi.

Fakta: Rata-rata brankas yang ada dipasaran dibuat dari beberapa lembar plat bukan baja dengan ketebalan 0.6mm s/d 2mm yang dibentuk menjadi bodi luar dan bodi dalam lalu dicor lapisan tengahnya dengan adukan semen.

Ketatnya persaingan penjualan dalam industri brankas dan daya beli masyarakat yang rendah juga dikambing hitamkan oleh para produsen untuk membuat produk murahan, pemalsuan produk, dan memberikan kedok diskon besar-besaran sehingga banyak produk ‘akal-akalan’ yang beredar dipasaran. Namun pada kenyataanya brankas masih menjadi suatu produk yang waah bagi sebagian kalangan.

Selain ‘kenakalan’ para produsen, disisi lain masih banyak produsen yang mampu mebuat brankas berkualitas namun tidak mampu melawan permainan/birokrasi distributor/perantara yang haus akan keuntungan, ‘Beli semurah-murahnya, Jual semahal-mahalnya’.

Pastikan bagi anda yang ingin mendapatkan lemari besi brankas berkualitas, anda benar-benar paham apa bahan dasar pembuatan brankas tersebut (Jenis Plat, Sistem keamanan, sistem penguncian, dll). Jangan mudah termakan dengan besarnya diskon atau potongan harga karena ini menyangkut privacy dan keamanan anda selaku pribadi atau pemimpin sebuah organisasi. Pstikan juga sipembuat mengerti dengan baik spesifikasi brankas dan jenis brankas yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Fakta 2: Kebanyakan pembuat dan penjual tidak pernah tahu jenis plat dasar pembentuk brankas, yang mereka tahu semua itu Baja.

Ditulis oleh:
Lukman Syarifudin
Safes Observer


Next Article: Brankas Kucing Dalam Karung Part 2: Brankas Seribu Judul Satu Tema.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar